Langsung ke konten utama

Mending jalan kaki


                Fajar tiba, lagi-lagi turis asal China sudah nampak di jalan depan  rumah saya. Seperti biasa, setiap pagi sepasang kakek nenek itu sering jalan pagi melihat-lihat pemandangan sekitar. Mereka berdua sangat senang jalan kaki, meskipun usia mereka sekitar 60an tahun, namun fisik mereka terlihat masih kuat dan langkah kaki mereka yang cekatan layaknya usia remaja membuat saya penasaran akan ramuan yang mungkin dikonsumsi. Namun yang membuat saya lebih penasaran adalah mengapa orang yang sering jalan kaki lebih kelihatan bugar dibandingkan dengan yang selalu menggunakan transportasi kemana-mana.
                Saya pernah dengar, Negara maju seperti Amerika, Eropa ataupun di benua Asia seperti Jepang dan China sangat gemar jalan kaki. Mereka sering bepergian dengan jalan kaki, dan itu sangat menyenangkan bagi  mereka selain membuat tubuh menjadi bugar,  kegiatan jalan kaki juga tidak mengeluarkan banyak biaya untuk bepergian ke suatu tempat. Mungkin itu adalah salah-satu jawaban singkat pandangan saya ke sepasang turis China tersebut. Akhirnya, saya mendapatkan sebuah buku tentang manfaat jalan kaki dan juga ada searching dari internet. Yuk, kita tengok apa saja manfaat dari jalan kaki.
Berikut ini beberapa hal yang merupakan manfaat jalan kaki:
1.       Berjalan tanpa alas kaki akan memperkuat kaki dan jari-jari kaki kita. Ini sangat baik bagi kesehatan kaki dan dapat menjadi solusi terbaik untuk kaki yang berbentuk datar. Sebaiknya kita melakukan kegiatan ini sekali dalam seminggu. Tidak ada salahnya bertelanjang kaki, jadi jangan malu untuk melakukannya. Paling tidak selama lima belas menit.
2.       Berjalan kaki akan memperkuat system pernapasan kita.
3.       Berjalan kaki merupakan salah satu latihan yang membuat semua bagian tubuh kita bergerak. Bila kita mencoba berjalan lebih cepat, ini akan meningkatkan denyut jantung kita, serta memberikan kebugaran secara fisik.
4.       Berjalan kaki dapat membantu memperbaiki postur tubuh kita. Ketika kaki dan tubuh bagian bawah kita bergerak, hal ini membantu memperkuat kaki dan tubuh bagian bawah serta membuat sendi lebih fleksibel.
5.       Berjalan kaki dapat menjaga berat tubuh tetap ideal. Ketika berjalan kaki, semua bagian tubuh kita bergerak dan kita pun lebih cepat mengeluarkan energy. Hal ini akan membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan. Berjalan kaki juga membantu kita mengontrol berat badan dalam jangka waktu yang lama.
6.       Berjalan kaki juga membantu mengurangi risiko terjadinya serangan jantung, meningkatkan fungsi system pernapasan, membantu mengatasi hipertensi, dan sebagai terapi rehabilitasi bagi orang yang pernah mengalami serangan jantung. Berjalan kaki juga efektif dalam mencegah penyakit pernapasan.
7.       Berjalan kaki merupakan salah-satu kegiatan yang tidak mengharuskan kita untuk bergabung di gym atau membeli peralatan fitness yang mahal. Kita bisa berjalan kaki setiap saat dalam waktu yang tidak ditentukan atau dibatasi, terserah kita akan berapa lama melakukannya.
Sebuah sumber menjelaskan bahwa terdapat enam belas fakta mengenai manfaat jalan kaki. Berikut penjelasannya:
1.       Berjalan kaki selama 20 menit setiap hari dapat membakar 7 pound lemak per tahun
2.       Jalan kaki setiap hari selama 40 menit adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan
3.       Jalan kaki cepat dari 20-25 menit adalah kondisi terbaik bagi jantung dan paru-paru
4.       Memperbaiki efektivitas jantung dan paru-paru
5.       Membakar lemak dalam tubuh
6.       Meningkatkan metabolism sehingga tubuh membakar kalori lebih cepat, bahkan tengah istirahat sekalipun
7.       Membantu mengontrol selera makan
8.       Meningkatkan energy
9.       Membantu menyembuhkan stress
10.   Memperlambat penuaan
11.   Menurunkan tingkat kolesterol dalam darah
12.   Menurunkan tingkat darah tinggi
13.   Membantu mengontrol dan mencegah diabetes
14.   Menurunkan beberapa risiko kanker, seperti kanker prostat dan payudara
15.   Membantu rehabilitasi dari serangan jantung dan stroke
16.   Memperkuat otot kaki, paha dan tulang
                Agar olahraga jalan kaki dapat memberikan manfaat yang maksimal, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Berikut ini penjelasannya.
·         Hindari Tanjakan yang Curam
Jangan menganggap bahwa berjalan di jalanan yang menanjak dan curam lebih baik dalam membakar kalori daripada berjalan di tempat yang datar. Untuk itu, sebagaimana dikatakan Mark Fenton dalam buku The Complete Guide to Walking, kita lebih baik menjaga kecepatan pada tanjakan yang sedang daripada melambat pada tanjakan yang lebih curam.
·         Ayunkan Lengan
saat kita berjalan, lengan kita akan mengayun mengikuti irama langkah. Ayunkan lengan yang menekuk dengan penuh semangat. Selain dapat membuat berjalan lebih cepat, hal ini juga bisa membakar lebih banyak kalori
·         Ambil Langkah-Langkah Kecil
Cara terbaik untuk meningkatkan kecepatan langkah dan pembakaran kalori adalah mengambil langkah-langkah yang lebih pendek dan lebih cepat. Berjalanlah dalam 100 langkah, kemudian pulihkan diri selama satu menit. Melangkah lagi 100 langkah, lalu coba untuk mengurangi waktu istirahat selama lima detik dari waktu kita. Ulangi proses ini sebanyak 12 kali
·         Tetapkan Titik Tujuan
Therese Iknoian, penulis buku fitness walking, menyarankan untuk memilih penanda, misalnya rambu berhenti, bangku taman , dan lain sebagainya. Serta mempercepat langkah sampai mencapai titik tujuan tersebut. lalu, berjalanlah lebih lambat untuk jarak yang sama.
·         Libatkan otot betis
Ketika kita menapakkan kaki bagian depan, tolakkan kaki kita seolah sedang membersihkan permen karet dari sol sepatu. Gerakan ini akan membuat betis, hamstring (otot sepanjang belakang paha hingga belakang lutut), dan otot-otot pantat ikut bekerja. Semakin banyak otot yang kita gunakan, semakin banyak kalori yang kita bakar
·         Berdiri Tegak
Ketika tubuh kita dalam posisi lurus, punggung dan otot-otot pantat mampu bekerja lebih bertenaga, sehingga kita bisa berjalan lebih cepat dan membakar lebih banyak kalori. Berdirilah dengan tegak, regangkan otot-otot punggung telinga dan pundak sejajar dengan pinggul
·         Tingkatkan Detak Jantung
Bila kita mengenakan monitor detak jantung, kita bisa bertindak sebagai pelatih pribadi yang menjaga kita untuk melangkah dalam kecepatan membakar lemak yang optimal. Hal ini dapat memberikan kita dorongan ketika langkah kita terlalu melambat, dan dapat memperlambat kita jika kita mendorong terlalu keras
·         Pilih Sepatu yang Tepat
Untuk mendapatkan kekuatan terbesar dari tolakan kaki kita, pilih sepatu dengan bantalan yang minim, tetapi bagian depan sepatu fleksibel atau lentur. Tidak menggunakan sepatu atau telanjang kaki lebih efektif dan mempunyai dampak yang lebih, terutama bagi otot-otot kaki.
Ok guys, sekarang kita telah mengetahui manfaat dari jalan kaki. Selain simple, aktifitas jalan kaki juga tidak mengeluarkan banyak biaya, sebaliknya akan semakin bertambah uang tabungan di celengan. Dan yang pastinya sehat. Semoga bermanfaat.

Referensi
As’adi, M. 2011. Jangan Abaikan Jalan Kaki. DIVA Press, Jogjakarta







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Role Play Konflik Antar Sesama Perawat

Contoh Kasus           :             Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Hj.Chasan Boesoeri Ternate, Di Ruang Perawat Internal Wanita ada dua orang Perawat yang berdinas pada shift siang dari pukul 14.00-22.00 WIT,  yaitu perawat Risno Dan Perawat Siska.             Karena waktu telah menunjukan pukul 22.00 WIT, dan merasa tanggung jawab mereka berduapun telah selesai mereka bersiap-siap untuk pulang dan Istirahat. Perawat Risno           : Apa kita bisa pulang sekarang ?? Perawat shift malam belum datang untuk menggantikan kita. (Perawat Risno bertanya pada perawat Siska) Perawat Siska          : Sudah kita pulang saja, Perawat Taufan dan Perawat Iswanto kan selalu begitu. Tidak pernah mau tepat waktu dalam melaksanakan Tugas. Kita selalu saja sabar, tapi kalau tiap hari begini terus kita kan yang susah. Perawat Risno berpikir sebentar…. Perawat Risno           : Iah, betul juga, kalau begitu kita langsung beristirahat saja. Tapi apa kepala ruangan tidak memarahi kita b

Kisah Sang Guru Agama dan Kakatua

Ada seorang guru agama yang mengajarkan Aqidah kepada murid-muridnya Dia mengajarkan “Laa ilaaha illallah” dan menjelaskan maknanya Mendidik dengan keteladanan Rasulullah Shallallahu’ alaihi wa Sallam Berusaha menanamkannya ke dalam jiwa murid-muridnya Sang guru juga senang memelihara burung dan kucing Seorang murid menghadiahkannya seekor burung kakatua Sang guru sangat senang dengan kakatua-nya Bahkan sering membawanya pada saat mengajar di kelas tauhid Sehingga kakatua itu ikut pula belajar mengucapkan kalimat tauhid “Laa ilaaha illallah” Burung kakatua itupun akhirnya bisa mengucapkan “Laa ilaaha illallah” Saking terbiasanya, hingga sering mengucapkan lafadz tersebut siang dan malam Suatu ketika murid-murid mendapati sang guru tengah menangis Ketika ditanya beliau menjelaskan dengan terbata-bata Kucing telah menerkam burung kakatua itu dan membunuhnya Merekapun bertanya dengan heran: Karena inikah engkau menangis?? Kalau guru mengi

Tulisan Tanpa Arti

INI BUKAN PUISI INI BUKAN GURINDAM INI BUKAN PANTUN INI BUKAN CERPEN INI BUKAN HIKAYAT INI BUKAN APA YANG SEDANG KAU PIKIRKAN INI ADALAH TULISANKU TANPA ARTI ATAU MAKSUD YANG TERSURAT TANPA PERTANYAAN ATAU JAWABAN YANG TERSIRAT MELALUI PERASAAN MELALUI PIKIRAN JEMARI   MENGHIBUR DIRI MEMAINKAN BAIT-BAIT TULISAN INI BERSAMA NADA IRAMA YANG TAK TERDENGAR TULISAN INI MENJADI SATU KUMPULAN TANPA ARTI TULISANKU BERUBAH MENJADI BAIT-BAIT BAIT-BAIT PERASAAN YANG MENGGELEMBUNG TULISANKU BUKAN UNTUKMU TULISANKU BUKAN UNTUKNYA TULISANKU BUKAN UNTUK MEREKA MELAINKAN TULISANKU HANYA UNTUK DIRIKU SEBAGAI TEMAN DALAM SUNYI